Hadits Unta Diciptakan dari Setan

| |


Ada sebuah pertanyaan disebuah situs.. di www.tanyajawab.artikelislami.com,
Mengenai Hadits: "Unta Diciptakan dari Setan".
Berikut petikannya..:

Pertanyaan : Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pak ustadz,

1. Apa maksud unta diciptakan dari syaithan seperti hadits berikut? Bukankah unta halal dimakan? :

"Shalatlah kalian di tempat peristirahatan (kandang) kambing dan janganlah kalian shalat di tempat peristirahatan (kandang) unta karena sesungguhnya unta itu diciptakan dari syaitan." (HR. Ahmad (4/85), Ibnu Majah (769) dan Ibnu Hibban (5657) dan selainnya).

2. Mengapa boleh sholat di kandang kambing? Bukankah kandang kambing banyak kotoran?

3. Seorang yg kesurupan diruqyah dgn bacaan al Quran. Tetapi anehnya jin yg merasuki org tsb tdk juga mau keluar tetapi malah mengikuti bacaan orang yg meruqyah. Apa yg mesti dilakukan?

Jazakumullahu khairan katsiira


Jawaban : Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

1. Ulama memiliki tafsiran bermacam-macam perihal hadits tersebut yang mengatakan unta diciptakan dari setan. Ibnu Qutaibah mengatakan : penciptaan unta dari setan maksudnya adalah bahwa unta diciptakan dari jenis yang sama dengan setan.

Dikatakan juga karena unta tabiatnya seperti setan. saya sendiri tidak mengetahui tabiat unta seperti apa yang dikatakan seperti setan. tapi mungkin karena unta susah diatur tidak seperti kambing.

2. Dibolehkannya sholat dikandang kambing karena untuk ummat ini, Allah menjadikan semua yang ada dimuka bumi sebagai tempat sholat. tidak seperti ummat-ummat terdahulu yang hanya diperbolehkan beribadah/sholat dalam gereja-gereja saja.

Akan tetapi ada beberapa tempat yang kita dilarang untuk melaksanakan sholat didalamnya, seperti kamar mandi dan kandang onta.

Ulama sepakat bahwa ketika seseorang sholat kemudian terkena najis maka sholatnya batal, atau sholat ditempat najis maka sholatnya juga batal. dan yang dimaksud kandang kambing pada hadits diatas bukan semua bagian kandang tersebut, akan tetapi tempat yang suci akan tetapi masih masuk dalam bangunan kandang kambing.

3. Saya tidak mengetahui banyak tentang rukyah jin. memang banyak terjadi hal demikian yang mana jin ketika dibacakan ayat-ayat Al-Qur'an bukannya berteriak kesakitan malahan menirukan bacaan tersebut. akan tetapi berdasarkan yang saya dengar dari kaset-kaset rukyah jin, bahwa proses mengeluarkan jin tidak hanya dengan bacaan-bacaan Al-Qur'an saja, akan tetapi melalui dialog yang panjang. debat dan adu argumen dengan jin tersebut sampai keluar.

wabillahi at-taufiq


Print halaman ini

Posted by Unknown on 06.36. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Hadits Unta Diciptakan dari Setan"

Leave a reply